Pages

Friday 25 October 2013

Resep Roti Maryam a.k.a Roti Canai a.k.a Roti Prata

Resep Roti Maryam a.k.a Roti Canai a.k.a Roti Prata. Saya habis nyobain bikin roti canai atau roti maryam atau roti prata. Penasaran karena ada beberapa temen yang suka banget sama roti ini. Masalahnya adalah saya belum pernah liat penampakan aslinya kalo dijual sama orang. :D Jadi, waktu bikin ini, hasilnya kayaknya kurang maksimal, hehe. Tapi ini deh resepnya, barangkali kamu juga berminat bikin. Saya pakai setengah resep dari resep asli ini. Resepnya saya dapat dari mba Melly



Bahan - Bahan:
1 kg tepung terigu
2 butir telur utuh
2 butir kuning telur
4 sdm susu bubuk
1 sdt garam
2 sdm gula pasir 
175 cc minyak goreng
450 cc air hangat
Margarin untuk olesan secukupnya



Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker sampai merata.
2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai benar-benar kalis. 
3. Adonan siap digunakan.

Step by step 
1. Siapkan loyang yang udah dioles minyak goreng. Bagi adonan sama rata. (ukurannya terserah ya)
2. Bulatkan adonan hingga berbentuk bola letakkan di dalam loyang lalu oleskan permukaan nya dengan minyak goreng. Buat hingga habis.
3.Setelah itu tutup adonan dengan plastik wrap dan lap basah, diamkan 1 jam
4. Setelah 1 jam, di atas meja yang sudah diberi minyak, ambil satu adonan lalu tipiskan dengan cara menekan nekan dengan tangan dari tengah hingga tipis setipisnya, usahakan jangan robek. Untuk mempermudah sapukan tangan kita dengan minyak juga agar licin dan mempermudah menipiskannya.
5. Kalo adonannya sudah tipis, oles rata permukaannya dengan 1 sdm margarine.

adonan yang sudah ditipiskan digoreng di wajan teflon
6.Gulung pelan pelan adonannya hingga menyerupai tali lalu sisihkan dan buat sampai habis.Gulungannya mesti di diamkan dulu agar lebih elastis dan makin bisa di tarik jadi lebih panjang .
7. Kalo semua adonan sudah habis digulung,ambil gulungan yang pertama dibuat lalu tarik pelan pelan gulungannya biar lebih panjang lagi. Semakin panjang akan semakin menipis dan akan semakin banyak lapisannya nanti.
8. Gulung melingkar adonannya dari arah yang berlawanan sehingga nanti akan menyerupai huruf S, kemudian ketika sudah ketemu lingkarannya di bagian tengah tumpuk adonannya jadi satu.
9. Kalo mau disimpan dalam freezer seperti saya caranya masukkan ke dalam wadah yang sudah diolesi dengan minyak, lalu oleskan lagi dengan minyak permukaannya agar tidak kering, tutup wadah dan siap untuk dimasukkan di freezer, kalo mau dipakai keluarkan dulu sampe suhu ruangan.

hasil roti canai :D

10. Kalo mau langsung digunakan caranya tekan permukaannya hingga menjadi pipih kira kira 1/2 cm lalu goreng di atas teflon hingga matang dan kecoklatan.

Nah, silahkan mencoba. Menikmati roti ini bisa ditambah dengan campuran terserah kita seperti es krim, keju parut, susu, dll, kalau saya tanpa tambahan :)

3 comments:

  1. Roti canai itu sama kyak rotinya orang india bukan ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rotinya orang india. biasanya dimakan sama kari, mba.

      Delete
  2. Ini roti andalan mama d rumah nih soalnya ga terlalu ribet bikinnya. Duh kan jadi kangen pengen pulang huhu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar ^_^