Pages

Saturday 1 April 2017

Resep Pizza Homemade



Resep Pizza Homemade

Ingin membuat pizza di rumah sendiri? Kamu ingin tahu bahan-bahan dan cara membuatnya? Simak selengkapnya di sini ya! Saya akan bagikan pengalaman saya membuat pizza di rumah setelah merecook resep Pizza homemade dari mba Puji di Cookpad. :)

Bahan Pizza Homemade

¾ sdt ragi instan (fermipan)
1 sdt gula pasir
120 ml air hangat
100 gram tepung terigu (segitiga biru)
¼ sdt garam
1 sdm minyak sayur

(Catatan : takaran adonan ini adalah setengah resep dari resep pizza mba Puji di Cookpad)

Toping Pizza :

bawang bombay, jagung, jamur, paprika hijau, tomat
bakso, sosis, keju mozarela, keju kraft secukupnya

Cara Membuat Pizza Homemade :

  1. Larutkan gula pasir, ragi instan ke dalam 50 ml air hangat. Diamkan selama 15 menit hingga muncul busa.
  2. Campurkan tepung terigu, garam, minyak sayur ke dalam air ragi. Tambahkan sisa air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  3. Tutup adonan dengan kain basah selama 1 jam hingga mengembang.
  4. Siapkan teflon yang sudah diolesi dengan minyak sayur. Masukkan adonan ke dalam teflon hingga menutupi permukaan teflon.
  5. Tusuk adonan pizza dengan garpu. Oleskan saus bolognese dan tata toping yang kamu inginkan. Taburkan keju di atas adonan.
  6. Panggang di atas kompor dengan api kecil. Tutup teflon agar matangnya merata. Cek agar tidak gosong.
  7. Angkat setelah matang dan sajikan hangat. 



Tips Memasak Pizza Homemade :

Ini pertama kalinya saya masak pizza pakai teflon. Karena bingung resepnya yang bagus gimana, saya pun cari di Cookpad. Jadi resep yang saya tulis ini adalah resep recook dari resep mba Puji yang ada di Cookpad. Resep mba Puji bisa dipakai untuk 4 loyang. Karena saya butuhnya hanya sedikit jadi saya pakai setengah bagian, jadi deh resep pizza ini. Ternyata setelah saya coba recook, ada beberapa bagian yang saya terlambat lakukan.

Misalnya :

1.      Tambahkan air sedikit demi sedikit menggunakan sisa air hangat
Kalau saya sisa air hangatnya 70 ml, tapi saya masukkan langsung semuanya. Ini bikin adonan jadi lembek banget. Makanya baiknya sih sedikit-sedikit aja. Biar kalau udah kalis sisa airnya nggak usah dipakai. Karena udah lembek, saya terpaksa nambahin tepung terigu lagi. Ini yang bikin adonan saya jadi nggak ngembang sempurna. Karena air raginya itu kan udah nyampur di adonan sebelumnya. Jadi pizzanya pun hasilnya crispy alias tipis karena nggak ngembang sempurna. =)) Ya udah deh. Ini noted banget buat saya.

2.      Menutup adonan dengan lap basah
Saya nutupnya pakai kain kering. Wew. Jadinya nunggu satu jam lagi deh biar ngembang. Soalnya ragi nggak bakal bereaksi kalau udaranya kering. Bisa juga dimasukkan ke kulkas, tapi bukan di bagian freezer ya.

3.      Memilih keju mozarella yang enak
Jujur, baru kali ini juga saya beli keju mozarella via online (di Blibli pakai voucher belanja). Rasanya kok beda banget dengan kejunya pizza hut ya. :p Trus pas dipakai di adonan, setelah mateng kok lembek banget. Heuheu. Saya nggak tahu kenapa. Apa karena sebelum dipakai kejunya udah dikeluarkan dari kulkas makanya jadi lebih lembek, atau karena kebanyakan pakainya. Yang jelas sih pas saya pakai rasa kejunya kerasa banget dan bikin lumer banget.

4.      Pengaruh api kecil di teflon terhadap toping yang nggak matang
Karena masaknya pakai teflon, jadi nggak ada api atas api bawah seperti kalau saya masak pakai oven. Ini yang bikin topingnya belum crispy, makanya kejunya udah lumer tapi toping kayak sosis, bakso dan jamur itu baru setengah mateng. Jadi rasa jamurnya masih seperti mentah. Hahaha. Yaudahlah, kapan-kapan kalau masak pakai teflon itu mending topingnya yang gampang mateng atau kalau perlu dimasak aja dulu deh. Biar ada rasanya.

5.      Pilih saus tomat atau saus bolognese
Kalau dibandingkan sih ya, enakan pakai saus tomat, bukan saus bolognese. Kemarin saya masaknya pakai saus bolognese, jadinya hmm, gimana ya. Rasanya kurang pas aja di mulut.

Overall, masak pizza pakai teflon itu bisa banget kok. Asal pakai resepnya sesuai dengan langkah-langkah yang dianjurkan. Jadi pastikan langkah sesuai biar nggak bikin adonannya gagal. Oh iya, kalau mau lihat resep recook yang keren di Cookpad, cari aja yang udah banyak di-recook sama orang lain dan lihat apa aja komentar mereka. Nah, selamat memasak ya! Semoga berhasil~ :D



4 comments:

  1. Ila kereeenn. Jadi pengen buat pizza juga nih. Tp heran dehh ini teflonku suka bermasalah, waktu itu pernah buat martabak teflon krna lagi ngehits saat itu tp hasilnya bantet, padahal udh pake api super kecil, huhuhuh. Apa kudu ganti teflon yg agak besar lagi kali ya. Yg ini sz 18 klo gak salah, pokoknya yg mini2 itu.

    ReplyDelete
  2. Suka banget liat toppingnya warna warni n pasti yummy

    ReplyDelete
  3. Udah lama nggak makan pizza hehee mahal sih. Bikin sendiri aja kali ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar ^_^