Pages

Tuesday, 20 March 2018

Resep Tumis Chicken Stick Jamur Asam Pedas


Pernah nggak sih beli makanan trus kepikiran buat nyisihin makanan yang nggak kamu suka? Misalnya aja pas makananmu ada tomatnya, atau ada jamurnya? Meski nyummy bagi sebagian orang, belum tentu enak bagi orang lain. Well ya, itu balik lagi ke selera. Tapi, kalau keseringan milih-milih makanan, jadinya nggak sehat dong ya. Apalagi kalau yang disisihkan adalah sayuran yang notabene harusnya sih kita sukai karena dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh sangat banyak, nah, jika tidak seimbang, lalu bagaimana?

Pengalaman pilih-pilih makanan dulu sering saya lakukan. Saya cenderung vegetarian yang nggak doyan ayam atau ikan, apalagi seafood. Pas ada acara di luar rumah, seperti di sekolah, kuliah, maupun event, saya memilih untuk memakan porsi nasi dan protein nabati. Yes, nabati aja. Bukan protein hewani. Kejadian tuker-tukeran porsi makanan pas event ini sering saya alami. Misal, temen suka ayam, ya saya tuker ayamnya sama sayurnya dia. Trus dia taruh deh di wadah makanan saya. Rasanya kayak dapet makanan dari surga. *eaakk* :p

Tapi sejak kuliah dan jadi panitia di berbagai acara, kadang juga jadi peserta, saya mau nggak mau harus mulai membenahi pola makan yang berantakan itu. Saya yang pemilih akhirnya jatuh cinta juga dengan ayam dan ikan. Sesuatu yang dulu kok ya mustahil bisa terjadi. Hahaha. Abis susah banget bikin saya suka sama dua menu makanan itu. Kalau bakso sih doyan. Aneh kan? :D

Tapi sekarang justru kebalikannya. Saya lagi doyan banget sama protein dan nggak suka sayur. Sayurnya pun milih-milih. Kadang pas saya beli kwetiauw atau nasi goreng, saya pesan sama abang penjualnya buat nggak ngasih caisimnya tapi tetap pakai acar. Padahal sayur hijau itu penting banget buat tubuh. Biar apa? Biar tubuh kita mendapatkan nutrisi untuk regenerasi sel kulitnya.

tumis chicken stick jamur asam pedas so good. ada yang mau? ;)

Ada teman saya yang suka banget makan sayur dan kulitnya jadi kinclong banget. Temen saya pernah sengaja nyari sayuran pas dia nggak nemu sayur di piringnya. Jadi di piringnya dia itu disediain cuma 2 potong timun dan tomat aja sedangkan dia biasa makan sayuran full buat dimamah biak di perutnya. Yes, she is raw foodies. Jadilah karena ngerasa kurang dia nanya, ada sayuran lagi nggak? Kalau ada, mau deh. Lalu ada temannya yang inisiatif ngasih bagiannya, trus dia memakan sayuran itu dengan lahapnya.

Sekarang, pertanyaannya adalah, kenapa sih orang harus makan menu makanan empat sehat lima sempurna? Ya, karena kita butuh semua komponen makanan yang seimbang. Nggak hanya suka sama protein, atau sayur aja. Tapi harus seimbang biar tubuh nggak kelebihan atau kekurangan satu nutrisi. Komposisi makanan pun harus dipilah ya. Saya pun mencoba untuk membuat kreasi dari So Good siap masak yaitu Chicken Stick Premium untuk menu piring gizi seimbang.


tumis chicken stick jamur asam pedas SO Good
Saya menggunakan porsi 15% protein berbahan dasar produk So Good, 35 % sayur, serta 35% panganan sumber karbohidrat untuk membuat menu piring gizi seimbang. Harusnya ada 15% buah, tapi saya skip karena belum nemu buah yang bisa dipadukan. Saya malah menggunakan lemon sebagai campuran untuk citarasa asam yang membuat masakan jadi lebih segar. Gimana dong? Hehe, saya pas bikin kreasinya mikirnya sih lemon itu nggak enak kalau dimakan gitu aja, makanya lebih nyummy kalau dibikin teh dengan campuran lemon, atau air dingin yang dicampur irisan lemon. Tetep dapet nutrisinya, hanya saja nggak digabung dalam satu menu makanan. :D


Gimana resep kreasi dari So Good yang saya buat? Nah, ini dia resepnya. :D


Resep Tumis Chicken Stick Jamur Asam Pedas :


4 buah jamur putih, iris 2 cm 
3 chicken stick premium So Good, goreng, iris kecil
3 chicken stick premium So Good, goreng, sisihkan
2 lombok (hijau dan merah), iris tipis, bagi dua bagian
3 siung bawang merah, iris tipis
1 siung bawang putih
1 potong tomat, iris tipis
1 potong irisan lemon
Garam secukupnya
Selada air, 3 lembar

Cara Memasak :


1.     Haluskan lombok, bawang merah, bawang putih, dan garam.
2.     Panaskan 1 sendok minyak sayur di wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Beri sedikit air. Aduk rata.
3.    Masukkan irisan lombok yang tersisa, jamur, dan chicken stick. Aduk hingga bumbu tercampur rata ke dalam masakan.
4.    Tambahkan irisan tomat dan perasan lemon. Aduk rata. Matikan kompor.
5.    Tata masakan dalam piring saji, lengkap dengan 3 potong chicken stick Premium So Good, selada air, dan nasi.
6.     Sajikan selagi hangat.

Nah, ada yang pernah membuat kreasi piring gizi seimbang berbahan So Good juga? Share dong gimana menunya. Siapa tahu saya bisa meniru menu andalannya. ;)


Postingan ini diikutsertakan dalam Kompetisi kreasi #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

7 comments:

  1. Jamur asam pedasnya kayaknya enak nih Ila, kapan ya bisa praktek bikin hihi

    ReplyDelete
  2. belum pernah nyoba yang chicken stick ini

    ReplyDelete
  3. Kalau aku sayur suka, protein hewani juga suka (suka segala, haha...). Dan produk-produk So Good ini khususnya yang siap masak lezat semua menurutku :)

    ReplyDelete
  4. Ah susah masaknya.
    Ga bisa di goreng di megicom.
    Nyari jamur susah sekarang,

    ReplyDelete
  5. Aduh Ilaaa, aku mbaca ada lemonnya langsung mbayangin asem segernya masakan Ila. Kalau makanan asem sama pedes beneran aku nggak bisa nolak deh :D.

    ReplyDelete
  6. Aku kalo yg pedes-pedes gini doyan banget.. Penasaran mau nyoba

    ReplyDelete
  7. Aku..Aku..ngacung!
    Yang suka milah milah makanan, termasuk jamur hihiii
    Ilaaa..kirim aku chicken sticknya aja, buat bekel.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar ^_^