Pages

Monday, 31 July 2017

Resep Kentang Nugget Saus Asam Pedas So Good



Resep Kentang Nugget Saus Asam Pedas


Halo, man-teman. Gimana kabar hari ini? Saya bikin beberapa kreasi masakan berbahan dasar So Good Siap masak yaitu Chicken Stick So Good. Chicken Stick ini beratnya 400 gram. Lumayan banyak isinya ya, hehe. Jadi saya bagi 3 resep yang saya buat untuk menu sehari-hari di rumah. Bisa juga dipakai untuk event istimewa seperti Ramadhan dan Idul Fitri atau Idul Adha nanti ya.

Untuk jumlah chicken stick yang saya pakai di resep kentang nugget saus asam pedas adalah 3 buah. Saya potong kecil-kecil jadi hasilnya terlihat banyak di piring saji. Hehe. Chicken stick So Good merupakan varian dari nugget siap saji yang dibuat oleh So Good. Rasa chicken sticknya sendiri sudah berbumbu, jadi sebenarnya tidak perlu terlalu banyak menggunakan bumbu lainnya.


Bahan Resep Kentang Nugget Saus Asam Pedas :

2 buah cabe merah, iris tipis
2 buah kentang, iris kotak-kotak
3 buah Chicken Stick premium So Good
5 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, haluskan
1 cm bawang bombay, iris dua bagian
4 cm wortel, iris tipis
asam jawa, secukupnya
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
minyak sayur, secukupnya
1 bungkus Santan kental Kara
1 gelas air putih

chicken stick premium so good yang sudah digoreng, dipakai untuk 3 resep masakan

Cara memasak : 

1.       Haluskan bawang putih dan jahe hingga tercampur rata. Sisihkan.
2.       Goreng kentang hingga kuning kecoklatan. Sisihkan.
3.    Tumis bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan ke dalam wajan yang sudah diberi minyak  sayur. Masukkan irisan cabe merah dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
4.       Masukkan santan kental kara, air, gula, garam, dan asam hingga tercampur rata. Aduk hingga santan  tercampur rata dengan semua bahan.
5.   Masukkan wortel, chicken stick dan kentang hingga semuanya tercampur rata. Aduk hingga santan mengental  kembali. Sajikan dalam piring saji.

Untuk : 1 porsi


Resep Kentang nugget saus asam pedas ini merupakan kreasi yang saya buat karena penasaran dengan rasa masakan yang menggunakan bahan jahe dan bawang putih yang dihaluskan. Yang saya tahu dari referensi video masak ayam saus jahe korea yang saya tonton, bilang bahwa jahe dan bawang putih yang dihaluskan bikin rasanya jadi terasa asam dan pedas. Walau saya nggak menyangka kalau improvisasi resep dengan memasukkan santan kental ke dalam wajan ternyata bikin kuantitas airnya cepat sekali berkurang sehingga santan menjadi kental kembali walaupun sudah dicampur air sebelumnya.

Saat saya memakan hasil masakan kentang nugget saus asam pedas ini, saya merasakan perpaduan antara sayur asam dan sayur lodeh. Hahaha. Bukan seperti asam jawa pada umumnya yang kalau disambel itu kerasa banget asamnya nampol, tapi asam jawa ini sudah berpadu dengan semua bumbu dan bahan yang ada. Inilah yang bikin rasanya jadi beda. Pedasnya ada seger-segernya dari jahenya.

cara memasak kentang nugget saus asam pedas

hasil masakan

Awalnya saya kira dengan bawang putih sebanyak 5 buah bakal bikin rasanya annoying, tapi ternyata nggak juga kok. Rasa bawang putihnya nggak terlalu dominan walau jahenya sudah diberi sedikit saja. Jadi pas banget campurannya. Hanya saja tampilan hasil akhirnya memang terlihat seperti agak njijiki (piye iki ngomonge yo 😝) ya, jadi mirip salad tapi dalam paduan warna makanan yang lebih plain karena saya kehabisan sayuran hijau, jadi saya hanya bisa menambahkan timun saja untuk topingnya. Yang biasanya ada warna hijau di masakannya, kali ini tumben banget saya hanya nambahin timun saja. Semoga kamu suka ya dengan resep baru ini, hehe. Jangan takut buat nyobain rasanya karena sebenernya enak banget. Apalagi kalau ditambah kecap manis. Paduan pas deh. 😁

Nah, kamu ingin ikut lomba kreasi masak Ramadhan dan Idul Fitri ala So Good juga? Yuk ikutan deadlinenya tanggal 31 Juli 2017 jam 10 pagi nih! Good luck ya!





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar ^_^